Wednesday, November 20, 2019

Taukah Kamu Vitamin F Dan Apa Fungsinya ?

Sumber: Google

Macam-macam vitamin seperti A, B, C, D, E, dan K, mungkin sudah tidak asing lagi, lalu bagai mana dengan vitamin F apakah kamu mengetahuinya?

Ya, sebenarnya F bukanlah vitamin, hanya saja sebutan bagi kandungan lemak yaitu asam alfa-linolenat (ALA) dan asam linoleat (LA), yang diperlukan untuk berbagai fungsi penting tubuh, terutama otak dan jantung. ALA adalah bagian dari asam lemak omega-3, sedangkan LA, adalah bagian dari asam lemak omega-6.

Dilansir dari The Health Site, Rabu (20/11), ALA dan LA telah diklasifikasikan sebagai asam lemak esensial yang berperan penting untuk tubuh manusia. Sebab, ALA dan LA ini merupakan sumber kalori terbaik serta memberi sel struktur dan fleksibelitas.

Sehingga, manfaat vitamin F ini dapat berperan dalam mengatur tekanan darah, pembekuan darah, respon imun dan fungsi fisiologis, serta pengurangan peradangan pada persendian, paru-paru dan otak, penurunan risiko masalah kardiovaskular, pengurangan depresi dan kecemasan.

Sementara, jika kurang mengonsumi vitamin F dapat menyebabkan kulit kering, rambut rontok, pertumbuhan buruk pada anak-anak, luka pada kulit, penyembuhan luka yang lambat, keterlambatan perkembangan otak dan penglihatan kabur.

Jadi, alangkah baiknya jika kita sering mengonusmi vitamin F yang terkandung di beberapa makanan ini seperti minyak kedelai, minyak biji rami, biji chia, minyak zaitun, minyak jagung, biji bunga matahari, alomnd, dan menurut National Institute of Health dari Amerika Serikat, ALA maupun LA juga terdapat pada ikan, telur, dan juga daging. 


Sumber: Akurat.co

0 comments:

Post a Comment