Tuesday, November 19, 2019

Penderita Diabetes Harus Rajin Konsumsi Vitamin B Untuk Cegah Neuropati

Sumber: Google

Kebanyakan dari para penderita diabetes mengalami komplikasi seperti neuropati, penyakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf. Gejala diabetes sendiri rasa sakit,kesemutan, kebas, hingga rasa terbakar.  

Gejal tersebut akan sangat terasa jika kadar gula pada tubuh semakin tinggi. Sehingga, neuropati ini merupakan salah satu komplikasi diabetes dengan prevalensi muncul antara 16 hingga 66 persen.

Jika hal tersebut dibiarkan akan berdampak pada kualitas hidup. untuk itu penting sebagai pencegah neuropati untuk rajin mengkonsumsi vitamin neutropik yang terdiri dari kombinasi vitamin B1, B6, dan B12 secara rutin. 

Dengan pemberian vitamin ini terbukti secara klinis dapat mengurangi gejala neuropati hingga 66 persen pada penderita diabetes.

Namun sayangnya pada penderita diabetes pada umumnya menjalani terapi yang disarankan mengonsumi metformin untuk mengatur tingkat gula darah.

"Metformin ini nantinya akan membantu mengembalikan respons tubuh terhadap insulin. Sayangnya obat ini dapat menghambat penyerapan vitamin B," ungkap dr. Yoska Yasahardja, Medical & Technical Affairs Manager Consumer Health P&G, di Agro Plaza Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, (18/11).

Dokter Yoska menambahkan penderita diabetes yang mengonsumsi metformin ini akan kekurangan vitamin B yang diserap. Akibatnya, akan memperburuk neuropati. 

Maka, ia menyarankan untuk tetap mengomsumi vitamin B agar membantu penderita diabetes mendapatkan nutrisi yang baik ditubuhnya.

"Ada baiknya penderita diabetes ini juga mengonsumi suplemen vitamin B secara rutin tanpa menunggu gula darahnya menurun," tuturnya.



Sumber: Akurat.co

0 comments:

Post a Comment