Sunday, November 17, 2019

Bedakan Slef Love Narsis dan Egois

Sumber: Google

Banyak yang menyangaka bahwa self love sama dengan narsis dan egois, dimana yang sebenarnya mereka jelas berbeda. 

Self love dengan egosi dan narsisi jelas berbeda karena meraka mempunyai tujua yang berbeda Tujuan dan intensitas. Misalnya, Self Love lebih ditujukkan untuk memperhatikan kesehatan dengan kedisiplinan merawat diri.

Sedangkan Narsis ataupun Egois bersifat berlebihan dengan tujuan mendapatkan pujian dan atensi dari orang lain.

"Self love tidak membandingkan diri dengan orang lain ataupun mencari status sosial. Sedangkan Narsis sangat membutuhkan validasi dari lingkungan sosial," katanya kepada AkuratHealth, saat dihubungi, Minggu, (17/11).

Hal serupa juga disampaikan Monica Sulistiawati, M.Psi, psikolog dari Personal Growth, bahwa Self Love merupakan usaha untuk meningkatkan pengenalan, pemahaman dan penerimaan terhadap kondisi diri sendiri, termasuk mensyukuri hal-hal kecil yang ada di sekitar dan apa yang diperoleh dari orang-orang sekitar.

Maka dari itu, orang yang melakukan Self Love juga akan semakin peka dan semakin menghargai lingkungan dan orang-orang lain yang ada di sekitarnya. Terutama yang berperan positif dalam kehidupannya.

Tentu, hal tersebut sangat berbeda dengan Narsis, dimana Narsis lebih dominan dengan perasaan jatuh cinta dan bangga terhadap kelebihan diri sendiri.

Begitu juga dengan definisi Egois yang mengutamakan kepentingan diri sendiri, termasuk memaksakan orang lain untuk melakukan sesuatu demi kebahagiaan atau keuntungan diri sendiri.



Sumber: Akurat.co

0 comments:

Post a Comment